Jumat, 29 Agustus 2008

SYEKH TAMBUH ALY BIN SYEKH BAQIR ALFARISI RA

SEJARAH RINGKAS
SYEKH TAMBUH ALY BIN SYEKH BAQIR ALFARISI RA
PENYEBAR AGAMA ISLAM DI CONDRO PASIRIAN LUMAJANG
JAWATIMUR






NARA SUMBER: K.H. MACHIN (PASIRIAN), K.H.M RIDWAN (PASIRIAN), K.H. M TABRANI (TEMPEH), K.H.M MASHRAF (KUNIR), USTADZ AL HABIB ALY BEN MOHAMMAD/SYIHABUDDIN BEN ALWY, LUMAJANG.-


TUJUAN : Mengenang dan menghormati jasa-jasa Ulama penyebar Agama Islam sehingga masyarakat terbebas dari kemusyrikan dan kegelapan serta mewarisi nilai nilai luhur dari beliau serta mewariskannya pada anak cucu sampai hari kiamat mudah-mudahan dapat sawab dan berkah beliau itu dunia akhirat.


Beliau adalah SYEKH TAMBUH ALY BEN SYEKHBAQIR (SYEKH SUBAKIR) bin Abdulloh bin Aly bin Ahmad bin Aly bin Ahmad bin Abdulloh bin Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin Aly bin Abubakar bin Salman bin Hasyim bin Ahmad bin Badrudin bin Barkatulloh bin Syafiq bin Badrudin bin Omar bin Aly bin Salman Alfarisiy Asshohabi Rodliyallohu anhu waanhum ajmain.

Beliau dilahirkan tanggal 20 Romdlon 787 H. di Demak. Wafat 21 Syawal 1021 H. di Condro. Beliau pernah menuntut ilmu agama di Masjidil Haram Mekkah selama 10 tahun. Beliau siang puasa, baca Qur’an malam hari, dzikir malam LA ILAHA ILLALLOH dan membaca sholawat pada siang hari. Asal beliau dari Parsi atau sekarang dikenal dengan nama Iran. Thoriqot beliau thoriqoh MAGHROBIYAH.

Haremnya/istrinya Syeikhoh Ainun binti Alwy bin Abdurrahman Asyaibaniy, Dewi Condrowati/ Syahnur binti Ki Ageng Condro Bromojoyo, dan Ratih Wulandari/ Qomriya binti Kongmar De Kraaf. Putra-putrinya dari istri pertama Baqir, dari isteri kedua Muhammad, Hamdun dan Marwah, dan dari isteri ketiga Islamiyah, Abdussalam, Syamsiyah.

Wilayah da’wah beliau Lumajang dan sekitarnya. Perjuangannya menyebarkan agama Islam memberi pencerahan mengatasi kegelapan dan kemusyrikan masyarakat. Dengan keramatnya semua manusia dan hewan tunduk menuruti ajakan beliau dengan senang hati.

Demikian sejarah singkat dan riwayat hidup Syekh Tambu Aly bin Syekh Baqir Alfarisi RA.


Lain-lain :

  • Banyak orang terkabul hajat dan do’a setelah berziarah ke makam beliau.
  • Mengaharap kritik dan Essay dari khalayak dan semua pihak.


By. PUSTAKA ALAVIYA, LUMAJANG

لومجاغ, 19 جمادي لاول 1426 ه





1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum maaf sebelumnya pada data tersebut kurang valid karena jarak umurnya beliau lahir hingga wafatnya berusia 234 tahun tolong tunjukkan manaqib/biografi beliau